Wednesday, February 21, 2018

Cara Membuat Objek Hingga Riging pada Blender

Haii sahabat!! Jumpa lagi di blog ini. Pasti kalian udah lama nunggu postingan dari Ophie. Kali ini Ophie akan kasih tau cara membuat objek sederhana di blender hingga riging. Sebelumnya, sahabat tau ga, apa itu riging? Riging pada sebuah objek di aplikasi blender merupakan proses pemberian tulang pada objek agar objek dapat bergerak layaknya benda hidup. Blender merupakan salah satu aplikasi untuk mengolah dan membut animasi 3 dimensi.
Langsung aja, sahabat ikuti langkah-langkah di bawah ini!
  1. Buka aplikasi blender pada komputer.
  2. Lalu buka lembar kerja baru dengan menekan tombol Ctrl+N atau dengan mengklik Fileà New.
  3. Kemudian, sesuaikan ukuran kubus. Kubus itulah menjadi objek pertama yang akan diolah menjadi sebuah karakter.
  4. Pertama, masuk dalam edit mode lalu tekan Ctrl+R untuk menambahkan sebuah garis baru pada objek.
  5. Kedua, select bagian bawah kubus. Kemudian klik tombol E untuk mengextrude sisi.Langkah ini bertujuan untuk membuat leher objek. Seperti yang tampak di bawah ini.
  6. Ketiga, select bagian kanan dan kiri objek lalu tekan tombol E untuk mengextrude sisi. Langkah ini bertujuan untuk membuat tangan objek. Sesuaikan panjang tangan dengan kebutuhan sahabat, seperti tampak pada gambar di bawah ini.
  7. Keempat, setelah membuat tangan. Sahabat akan membuat tubuh objek. Select bagian bawah objek lalu extrude dengan menekan tombol E. Sesuaikan ukuran tubuh dengan kepala dan tangan objek. Jika perlu, tambahkan garis pada objek lalu select dan extrude sisi ke kanan dan kiri agar tubuh menjadi agak lebar. Seperti tampak pada gambar di bawah ini.
  8.  Kelima, sahabat akan membuat kaki objek. Langkah awal, sahabat harus menambahkan garis baru(vertikal) pada objek dengan menekan tombol Ctrl+R. Sesuaikan lebar garis dengan tubuh objek. Kemudian extrude ke bawah hingga membentuk sebuak kaki. Seperti tampak pada gambar.
  9. Objek sudah jadi. Lalu, sahabat akan melakukan proses riging.
  10. Klik Add pada menu bar, atau tekan tombol Shit+A. Lalu pilih AmartureàSingle Bone untuk menambahkan Bone (tulang) pada objek. Kemudian atur pada bagian kanan untuk option Amartureà lalu klik X-Ray, agar bone terlihat transparan meskipun bone berada di tengah-tengah (dalam) objek.
  11. Selanjutnya, setelah sahabat klik Addà Amartureà Single Bone, akan muncul sebuah bone. Lalu sesuaikan bone terhadap objek yang sahabat ciptakan. Geser bone hingga terletak di dalam tubuh objek, lalu extrude bagian yang akan dijadikan sebuah tangan maupun kaki, atau seperti yang sahabat inginkan.
  12. Setelah proses pemberian tulang, maka langkah selanjutnya adalah menggerakkan objek agar dapat bergerak layaknya benda hidup.
  13. Tekan A terlebih dahulu agar tidak yang yang terselect. Lalu Select objek terlebih dahulu, kemudian tekan Shift dan select bone, seperti tampak gambar di bawah ini.
  14. Setelah semua terselect, tekan Ctrl+Pà With Automatic Weight. Masuklah dalam mode Pose Mode, lalu pilih bone yang akan digerakkan. Seletah menselect bone, lalu tekan tombol R untuk menggerakkan objek. Grakkan objek sesuai keinginan sahabat.
  15. Bone akan bewarna biru jika diselect bila langkah yang dijalankan benar.
  16. Objek sederhana dan rigingnya serta menambahkan sedikit sentuhan animasi, sudah siap.
Demikian sahabat cara riging pada blender. Semoga tutorial ini membantu dan semoga bermanfaat. Tunggu lagi postingan dari Ophie yaa!! 
Salam Dua Jari!!

No comments:

Post a Comment

Pengelolaan Data Menggunakan Form

Hallo teman-teman. Jumpa lagi di blog ini. Kali ini Ophie’s Home akan membahas tentang Pengelolaan Data Menggunakan Form. Ingin tau lebi...